Sunday, April 2, 2017

Arrray

Arrray


Array merupakan salah bentuk struktur data. Bentuk array yang paling sederhana adalah array satu dimensi yang didefinisikan sebagai himpunan terurut dari elemen homogen yang jumlahnya berbatas. Berbatas berarti bahwa jumlah elemen dalam suatu array sudah ditentukan. Terurut berarti bahwa elemen dalam suatu array disusun dengan cara tertentu sehingga ada elemen ke-0, ke-1, ke-2, dan seterusnya. Homogen berarti bahwa elemen dari suatu array harus memiliki tipe yang sama. Suatu array integer dideklarasikan sebagai :

Int a = new int[100];
Array a diatas adalah array yang memuat 100 bilangan integer. Dua operasi dasar untuk mengakses array adalah ekstraksi (extraction) dan simpan (storing). Ekstraksi adalah fungsi yang menerima array a dan indeks i dan mengembalikan elemen array. Simpan menerima array a, indeks i, dan elemen x.
Array sering juga disebut dengan larik, yang merupakan kumpulan dari nilai-nilai data yang bertipe sama dalam urutan tertentu yang menggunakan nama yang sama. Letak atau posisi dari elemen array ditunjukkan oleh suatu index. Dilihat dari dimensinya array dapat dibagi menjadi array satu dimensi, array dua dimensi dan array multi-dimensi.

  1. Array Satu Dimensi
    Array satu dimensi berupa vektor. Dalam java indeks array satu dimensi secara default mulai dari nol. Sesuai dengan namanya elemen array atu dimensi dapat diakses melalui 1 buah indeks.
    Bentuk umum pendeklarasian array satu dimensi
    Tipe_array nama_array [ukuran];
    Contoh array satu dimensi

  2. Array Dua Dimensi
    Array dua dimensi berupa matrik/table yang jumlah datanya ditentukan oleh jumlah baris dan jumlah kolom. Sesuai dengan namanya, elemen array dua dimensi dapat diakses melalui 2 buah indeks, yaitu indek baris dan indeks kolom (Elemen pada baris ke-i, kolom ke-j, dengan i indek baris dan j indek kolom).
    Bentuk umum pendeklarasian array satu dimensi:
    Tipe_array nama_array [Jum Elemen Baris][ Jum Elemen Kolom];
    Contoh array dua dimensi :

  3. Penggunaan array pada bahasa java yaitu sebagai berikut :
    Deklarasi variable array
    Deklarasi variable array dapat dilakukan dengan cara :
    tipe data nama variable []

Alokasi penyimpanan dengan new
Setelah melakukan deklarasi array, perintah new dijalankan untuk memberi alokasi memory/penyimpanan kepada variable array tersebut dengan cara sebagai berikut:
nama variable = new tipe data [jumlah element]

Array dinamis dengan java

Array dinamis pada java memiliki fleksibilitas yang sama dengan penggunaan pointer pada C++ tanpa resiko apapun. Berikut contoh penggunaan array dynamic dua dimensi :
Int dynamicarray[][];
dynamicarray = new int[3][];
dynamicarray[0] = new int[4];
dynamicarray[1] = new int[5];
dynamicarray[2] = new int[7];

Dari syntax diatas, dapat dilihat bahwa tiap baris pada array memiliki kolom yang berbeda, sehingga penggunaannya sangat fleksibel dan efisien.

Available link for download